Home / Kota Kupang / Ribuan Warga NTT Peserta KIS-PIB DiHapus

Ribuan Warga NTT Peserta KIS-PIB DiHapus

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Kupang,lensantt.com – sedikitnya 292 589 warga provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pengguna Kartu Indonesia sehat (KIS) pada tahun 2015 telah di hapus oleh kementrian sosial RI. sehingga pada tahun 2016 ribuan warga tersebut tidak lagi dapat menggunakan kartu KIS-PIB.
Menurut Asisten II provinsi NTT Yohana Lisa Paly Rabu, (03/01/2016), alasan dihapusnya ribuan warga NTT pengguna KIS-BIP karena, dalam pendataan tahun 2015 tingkat ekonomi para pengguna tersebut sudah membaik. Selain itu, mereka (pengguna KIS) tidak lagi berdomisili di provinsi NTT.
“Sebagian dari mereka telah berpindah ke provinsi lain,” tegasnya.
Ia menegaskan, untuk menjadi pengguna Kartu KIS-BIP pemerintah telah menyiapkan sekitar 10 kriteria diantaranya,  tempat tinggal pengguna tidak menggunakan tembok, ukuran ruang keluarga kurang dari 6 meter/segi, dan tidak mempunyai kamar mandi yang layak.
“Kurang lebih ada 10 kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat,” Pungkasnya.
Ditempat kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT menegaskan, peserta KIS-BIP untuk masyrakat NTT berjumlah 2.671.278 jiwa. bagi masyarakat yang namanya sudah di non-aktifkan sebagai peserta KIS-BIP Dia menyarankan,agar segera beralih ke JKN-KIS degan mendaftrakan diri ke kantor BPJS kesehatan setempat.
Kartu peserta KIS yang sudah di terima lanjut dia, harus disimpan dengan baik karena kartu tersebut dapat kembali digunakan saat mendaftar sebagai peserta JKN – KIS,” Kartu KIS disimpan dengan baik karena bisa digunakan sat mendaftar sebagai anggota JKN-KIS,” tegasnya.
Untuk diketahui, pada tahun 2015 lalu jumlah peserta sebanyak 84,4 juta jiwa dari jumlah tersebut 1,7 juta jiwa tidak lagi diakomodir sebagi peserta KIS-BIP. (ikz)

Baca Juga :  Cegah Hiv Dan aids , Sosialisasi Terhadap kaum muda Perlu Ditingkatkan

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Terbaru

Walikota Kupang : APBD Itu Untuk Rakyat Bukan Pejabat

Kupang,lensantt.com - Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mul...

Tahun 2018, bank NTT Bayar Dividen ke PAD Senilai 219 Miliar

Kupang, lensantt.com - Bank NTT memang punya kontribusi b...

Komisi I DPRD NTT Tetapkan Anggota KIP, Ini Nama- Namanya

Kupang, lensantt.com -Komisi I DPRD Nusa Tenggara Timur (...

Berhasil Dibidang Koperasi, Presiden Jokowi Beri Penghargaan Untuk Walikota Kupang 

Kupang, lensantt.com - Walikota Kupang Dr.Jefriston R.Riw...
error: Tidak boleh di Copas