Beranda Kota Kupang Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Pemkot Kupang Gandeng Pihak Swasta

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Pemkot Kupang Gandeng Pihak Swasta

Kupang, lensantt.com- Untuk memenuhi Kebutuhan Air bersih  Pemerintah Kota Kupang Pemerintah Kota Kupang memutuskan untuk menggandeng pihak swasta.
Kali ini,  PT. Dain Celicani Cemerlang mendapat kepercayaan penuh untuk menggenjot pemenuhan kebutuhan air bersih di Kota Kupang.
Demi mewujudkan hal itu, pemkot kupang melakukan penandatanganan MoU di Balaikota, Selasa (8/10/2019).Direktur Utama PT. Dain Celicani Cemerlang David Suryabara mengatakan akan menanamkan modal guna pengeloalaan air bersih di Kota Kupang. Ia akan memanfaatkan setiap potensi air baku yang ada di wilayah Kota Kupang. “Saya adalah putra daerah dari Kupang. Saya akan menanamkan dana untuk investasi di Kupang ini dengan biaya tidak terbatas. Yang penting Kota Kupang ini bisa mendapatkan air bersih,” kata David.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat perusahannya akan mempersiapkan seluruh persyaratan pengelolaan. Dengan demikian sesegera mungkin persoalan air bersih dapat terselesaikan. “Targetnya dalam waktu delapan bulan,” kata David.

Baca Juga :  RSUD.S.K Lerik Dan Mimpi Indah Walikota Kupang

Ia mengatakan selama dua bulan pihaknya akan menyiapkan feasibility study. “Kalau sudah ada patokan, kita akan bangun dengan segera. Dalam delapan bulan kita akan selesaikan dan air di Kupang akan mengalir,” katanya.

Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore mengatakan pemerintah Kota Kupang sangat serius menyelesaikan masalah air bersih. Oleh karena itu, segala cara akan dilakukan untuk mengatasi persoalan ini, termasuk menggandeng investor. “Sebenarnya jumlah sumber air di kota ini banyak sekali, cuma kendala kita adalah investornya tidak ada. Dana juga masih kurang. Kita punya PAD hanya 175 miliar rupiah. Dengan dana begitu kita tidak mampu berbuat apa-apa,” jelas Jefri.

Baca Juga :  Walikota Kupang Terima Pedoman Mutu ISO
Baca Juga :  Nasib Pekerja Diabaikan, Walikota Kupang "Warning" Kadis Nakertrans

Ia memberi apresiasi atas komitmen PT Dain Celicani Cemerlang yang telah menyiapkan investasi pengelolaan air bersih di Kota Kupang. Dengan begitu, ada kemajuan dalam penanganan persoalan air bersih. “Saya berterima kasih bahwa kita sudah melangkah lebih maju lagi. Pak David adalah salah satu mitra kita yang akan membantu Pemkot dalam menangani persoalan air bersih,” ujar Jefri.

Untuk diketahui, Direktur Utama PT Dain Celicani Cemerlang David Suryabara mengatakan Kota Kupang membutuhkan air bersih 600 hingga 800 RPS sampai tahun 2030-2035. Dan saat ini akan dibangun 200 RPS. Total dana yang dibutuhkan adalah Rp 75 miliar sampai Rp 100 miliar. “Sehingga saya targetkan di akhir tahun 2020 sudah bisa terealisasi,” jelas David. Ia menambahkan, mata air yang akan dieksplorasi adalah Liliba dan Manikin. (Ikz)

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Demi Selingkuhan, Pria Di SoE Rela Tinggalkan Istri

SoE, Lensantt.com - Nasib naas dialami Aniarty Sumiati Dewi pasalnya, Ia ditingal sang suami lantaran memiliki Wanita Idaman Lain (WIL). Kepada media ini, selasa (28/01/...

Kebutuhan Air Dan Perjuangan Walikota Kupang

Kupang,lensantt.com - Harus diakaui kalau kebutuhan air bersih masih menjadi masalah terbesar di Kota Kupang. Pergantian, Orang nomor satu di Kota ini belum juga...

Warga Cina Yang Terdampar Di Rote Ndao Akan Dievakuasi Ke Kupang

Rote Ndao,lensantt.com - kehabisan bahan bakar Enam Orang Warga Negara Cina terdampar perairan Laut Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara...

Enam Warga Cina Terdampar Di Perairan Rote, Kapolres : Mereka Bebas Virus Corona

Rote Ndao, Lensantt.com - Virus corona kini menjadi ancaman bagi dunia. Penyakit mematikan yang diisukan menyebar dari negara cina ini menjadi momok bagi setiap...

Berbaju Hanura, Iban Medah Kuasai Bali Nusra

Lensantt.com- Politisi senior NTT Drs. Ibrahim Agustunus Medah dipercayakan Ketua Umum DPP Hanura Oesman  Sapta Odang (OSO) untuk menduduki jabatan sebagai Koordinator Wilayah (Korwil)...
error: Tidak boleh di Copas