Beranda Kota Kupang Lomba Kontes Sapi, Kelurahan Sikumana Juara I Kategori Penggemukan

Lomba Kontes Sapi, Kelurahan Sikumana Juara I Kategori Penggemukan

Kupang, lensantt.com – Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM., MH. menyerahkan hadiah bagi para juara pada lomba kontes ternak sapi tingkat Kota Kupang di kelurahan Naioni, Rabu (26/6) pukul 11.00 Wita. Pada acara tersebut Wali Kota Kupang sekaligus menutup kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari sejak Selasa (25/6).

 Kontes ini dilaksakan dalam 2 sistem yaitu pra kontes pada tanggal 27 Mei sampai dengan 20 Juni 2019 di Kecamatan Alak, Maulafa, Kota Raja dan Kelapa Lima dan penjurian yang dilaksanakan pada hari Selasa (25/6) di lokasi kontes ternak sapi Kelurahan Naioni Kecamatan Alak (lokasi offroad).

Dalam lomba yang diselenggarakan, kriteria yang dilombakan antara lain, sapi bali jantan bibit, sapi bali betina bibit, sapi bali betina induk dan sapi bali jantan penggemukan. Penilaian kontes ternak tersebut berdasarkan pada sifat kuantitatif ternak (umur ternak, bobot badan, lingkar dada, panjang tubuh, tinggi gumba) serta sifat kualitatif (proporsi bentuk tubuh dan kesehatan reproduksi ternak). Kontes diikuti oleh 28 peserta dari 4 kecamatan yang melombakan sebanyak 60 sapi.

Baca Juga :  Sepenggal Doa Pekerja Seks Untuk Sang Anak

Kepala Dinas Pertanian Drs. Obed D. R. Kadji menyampaikan,  tujuan kegiatan ini diselenggarakan adalah untuk meningkatkan minat dan memotivasi para peternak dan pelaku usaha bidang peternakan, meningkatkan produktivitas hasil peternakan, mengukur kemajuan dan perkembangan budidaya peternakan, meningkatkan kemampuan kelompok peternak dalam budidaya ternak serta meningkatkan investor budidaya ternak di Kota Kupang.

 Sedangkan sasaran kegiatan adalah bagi para peternak hewan besar (sapi) di Kota Kupang.

Pada kontes ini, diserahkan hadiah bagi para juara diantaranya, kategori sapi Bali Jantan Penggemukan dengan juara III Bertus Nomleni dari Fatukoa usia 4 tahun berat 423 kg, juara II Filter Ndolu dari Lasiana usia 3 tahun berat 308 kg, dan juara I Asar Dolu  dari sikumana usia 2 tahun berat 371 kg.

Untuk kategori, Sapi Bali Jantan Bibit dengan juara III Mateos Ibu dari Belo usia 3 tahun berat 282 kg, juara II Bernadus Tokael dari Naioni usia 3 tahun berat 382 kg dan juara I Frits Aluman usia 2 tahun berat 270 kg. Kategori Sapi Bali Betina Induk juara III Leo Baitanu dari Belo usia 4 tahun berat 275 kg, juara II Veki Amnesi dari Naioni usia 3 tahun berat 235 kg dan juara I Asar Ndolu 4 tahun berat 307 kg.

Baca Juga :  Ganti Mobil Damkar Walikota Kupang Minta Kadis Segera Ajukan Proposal
Baca Juga :  Ganti Mobil Damkar Walikota Kupang Minta Kadis Segera Ajukan Proposal

Wali Kota Kupang dalam sambutannya, berharap kegiatan seperti ini dapat terus diselenggarakan agar dapat meningkatkan kualitas ternak di Kota Kupang. “Dengan kualitas ternak yang baik dapat memberikan kesempatan bagi para investor untuk berinvestasi di Kota kupang”, katanya. Wali Kota Kupang juga mengucapkan terima kasih atas keterlibatan Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang sekaligus yang telah meminjamkan alat untuk memeriksa kesehatan dan reproduksi sapi yang hasilnya akan menjadi acuan bagi proses penjurian lomba.

Sapi-sapi yang mendapat juara kemudian akan di-kontes-kan di tingkat Propinsi NTT Tahun 2019, yaitu pada tanggal 27 Juni 2019 dimana akan dilaksanakan penilaian sapi perwakilan kabupaten kota dengan masing-masing kategori yang dilombakan, kemudian pada tanggal 28 Juni 2019 acara puncak sekaligus penyerahan hadiah pemenang Kontes Tingkat Propinsi NTT. Dalam laporan panitia, disampaikan juga bahwa Kota Kupang telah mendapat juara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga tahun 2018 dalam berbagai kategori. (Ikz/ hum@s)

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Upah Tak Dibayar Sejak 2017, Ketua Tim Pembagunan Desa Tuasene Kesal

Soe, lensantt.com - Osten Puaradja ketua tim pembangunan Juga tim teknis administrasi sejak 2016 mengaku kesal dengan Kepala Desa Tuasene David Amalo lantaran honornya tak dibayar...

Update Covid-19: 20 Orang Warga Kota Kupang Positif, 7 Dinyatakan Sembuh

Kupang,lensantt.com - Hingga hari ini minggu (24/05/2020) hasil pemeriksaan SWAB 20 warga Kota Kupang dinyatakan positif Covid-19. Sesuai laporan gugus tugas pemerintah Kota Kupang daari jumlah...

Amankan Listrik Saat Lebaran, PLN Kerahkan 929 Personil 

Kupang,lensaNTT, 23 Mei 2020 – PLN Pastikan pasokan listrik jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H aman. Sebanyak  929  personil disiagakan untuk menjaga sistem...

Berkah Dari Mabala Dan Mahoro Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Mahasiswa Sabu Di Kupang

Kupang,lensantt.com - Pandemi Covid-19 membuat hampir semua masyarakat terhimpit dengan ekonomi. Akhirnha, Mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Kota Kupang pasti ikut merasakan. Bagaimana tidak, dengan...

Salah Gunakan Dana Desa, Bupati TTS :  Kades Olais Segera Diganti

 So,e, lensantt.com ' Nasib sial dialami Yosepus Nufeto, Kepala Desa Olais, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten TTS pasalnya, dalam waktu dekat ia segera mengakhiri masa jabatannya. Hal itu ditegaskan...