Beranda Nasional Dipo Nusantara Pua Upa  Ingin  Flores, Lembata & Alor Jadi  Laboratorium Empat...

Dipo Nusantara Pua Upa  Ingin  Flores, Lembata & Alor Jadi  Laboratorium Empat Pilar

BAJAWA, FLORES—Anggota DPR RI/MPR RI dari Dapil NTT-1, N.M. Dipo Nusantara Pua Upa, S.H., M.Kn. meminta agar ke depan MPR dapat menjadikan daerah di Flores, Lembata dan Alor (Florata) sebagai laboratorium dan role model penerapan Empat Pilar Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia.

 

“Flores, Lembata dan Alor harus dijadikan laboratoium dan role model dalam penerapan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,”papar Dipo Nusantara Pua Upa, dalam wawancara dengan wartawan, seusai melakukan Sosialisasi Empat Pilar Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dihadiri sekitar 170 peserta di Hotel New Bintang Bajawa – NTT, Sabtu (30/11).
Alasan Dipo, karena dia melihat nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam masyarakat di Flores, Lembata dan Alor adalah nilai-nilai yang selama ini menjadi perekat dan kerukunan dalam kita berbangsa dan bernegara.

”Di sini saya merasakan sekali rasa kekeluargaan, gotong royong, saling tolong-menolong di dalam kehidupan masyarakatnya. Dan hal ini tidak saja terjadi dalam keluarga dan masyarakat adatnya, tetapi juga dalam kehidupan beragama,”ungkap Dipo, putra Flores yang juga anggota DPR RI dari Dapil NTT-1.
Dipo menyontohkan saat umat Islam di Kecamatan Nangaroro, Kabuaten Nagekeo membangun masjid di yang bertetangga dengan Dipo Center.

Baca Juga :  DPC PKB Sarai Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

”Ïtu yang datang malah banyak saudara-saudara kita yang Katholik yang membantu mengangkat campuran semen untuk lantai dua,”ungkap Dipo.

Demikian pula ketika malam Natal dan Tahun Baru, anak-anak muda di Flores, Lembata dan Alor yang tergabung dalam remaja masjid atau di GP Ansor dan Banser, justru mengamankan gereja saat umat Katholik melaksanakan misa.

“Masyarakatnya memiliki sifat gotong royong yang sangat tinggi. Sifat masyarakat yang sangat mendasar dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Dan itu saya melihat hamper di seluruh tempat di NTT. Seperti di Kupang,” ungkap Dipo.

Baca Juga :  DPC PKB Sarai Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Empat Pilar

Menyinggung sosialisasi Empat Pilar, Dipo mengingatkan bahwa kehidupan bangsa Indonesia akan semakin kukuh, apabila segenap komponen bangsa, selain memahami dan melaksanakan Pancasila, juga secara konsekuen menjaga sendi-sendi utama lainnya. Yakni Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Baca Juga :  Putra Jokowi Buka Usaha Di Kupang, Pisang Jadi Menu Favorit

 

“Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ini harus kita jaga, kita pahami, kita hayati, dan kita laksanakan dalam pranata kehidupan kita sehari-hari. Sehingga kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa ini. Yakni rakyat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” papar Dipo.
Dipo juga mengingatkan, banyak negara di dunia yang tercerai berai karena munculnya radikalisme dan kelompok separatisme di dalam masyarakatnya.

Indonesia pun, menurutnya,  akan mengalami nasib yang sama, menjadi negara yang tercerai berai, jika kita tidak secara dini menekan munculnya kelompok radikal dan separatis di negeri ini.

”Sosialisasi Empat Pilar ini merupakan bagian dari upaya kita agar Indonesia tidak tercerai-berai,” ujarnya.(ikz/***)

 

Izack Kaesmetan
Owner & Jurnalist LENSANTT.COM, Anggota DPD HPSI NTT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Kebutuhan Air Dan Perjuangan Walikota Kupang

Kupang,lensantt.com - Harus diakaui kalau kebutuhan air bersih masih menjadi masalah terbesar di Kota Kupang. Pergantian, Orang nomor satu di Kota ini belum juga...

Warga Cina Yang Terdampar Di Rote Ndao Akan Dievakuasi Ke Kupang

Rote Ndao,lensantt.com - kehabisan bahan bakar Enam Orang Warga Negara Cina terdampar perairan Laut Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara...

Enam Warga Cina Terdampar Di Perairan Rote, Kapolres : Mereka Bebas Virus Corona

Rote Ndao, Lensantt.com - Virus corona kini menjadi ancaman bagi dunia. Penyakit mematikan yang diisukan menyebar dari negara cina ini menjadi momok bagi setiap...

Berbaju Hanura, Iban Medah Kuasai Bali Nusra

Lensantt.com- Politisi senior NTT Drs. Ibrahim Agustunus Medah dipercayakan Ketua Umum DPP Hanura Oesman  Sapta Odang (OSO) untuk menduduki jabatan sebagai Koordinator Wilayah (Korwil)...

Kejagung Tetapka SW Pejabat Bank BTN Sebagai Tersangka 

Jakarta,lensantt.com - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan tujuh orang sebagai tersangka terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi novasi bank dengan total nilai kerugian negara mencapai...
error: Tidak boleh di Copas