Home / Budaya / Budaya Jepang dan Indonesia dalam “Japan Festival Bali 2013”

Budaya Jepang dan Indonesia dalam “Japan Festival Bali 2013”

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Lensantt.com – Kolaborasi seni dan budaya bukanlah hal yang asing. Namun kegiatan seperti itu tetap saja menarik. Salah satu yang layak disaksikan adalah perpaduan budaya Jepang dan Indonesia yang dikemas dalam Japan Festival Bali 2013. Kegiatan iniberlangsung di Balai Banjar Pengosekan, Desa Mas, Ubud, Kabupaten Gianyar selama sepekan, 28 November-3 Desember 2013.’

“Ini atas kerja sama Japan-Bali Association for Educational and Cultural Exchange, Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar, dan Sanggar Wayang Beber Cudamani,” kata staf Konsulat Jenderal Jepang, Sokhibi, di Denpasar, Selasa (26/11/2013).

Ia mengatakan, Japan Festival Bali 2013 akan menampilkan sejumlah pertunjukan perpaduan budaya Jepang dan Bali. Pagelaran yang terbuka untuk umum secara cuma-cuma itu menyuguhkan pertunjukan Noh, satu drama musik Jepang klasik yang telah dipertunjukkan sejak abad ke-14.

Baca Juga :  Rektor Undana Masih Pikir-pikir Maju Cagub

“Acara itu dipadu gamelan tradisional Bali. Selain itu juga akan ada penampilan penari kontemporer Jepang berinteraksi budaya dengan penari Bali,” ujar Sokhibi.

Selain itu juga digelar lomba pidato bahasa Jepang, dan pertunjukan Grantang Pelog oleh Perkumpulan Jepang Bali, Suar Dwi Stri.

Artis pendukung antara lain Tsumura Reijiro (penari Noh Jepang), wayang beber cudamani (gamelan Bali), Ohno Makoto (pemain suling Jepang) dan Yasufuku Mitsuo (pemain perkusi Jepang).

Pada 30 November 2013, misalnya, di tempat dan jam sama dipentaskan tarian kontemporer Jepang dan tradisional Bali dengan seniman pendukung antara lain Moriyana Kaiji (penari kontemporer Jepang), Ni Wayan Sekarini (penari Bali), Sanggar Wayang Beber Cudamani (gamelan Bali)

Baca Juga :  Naga Atoin Meto Hibur Warga Kota Kupang

Pada 2 Desember 2013 ditampilkan pertunjukan Feel Alive, dengan artis pendukung Mime Troupe Grand dan Ballon (pantmime Jepang), sedangkan pada 3 Desember 2013 lomba pidato bahasa Jepang serta pertujukan grantang, dengan seniman pendukung Suar Dwi Stri. (Iksan)

Sumber : Kompas.com


 

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Terbaru

Bupati Sumba Barat Daya Resmikan Perpustakaan Ramah Anak

Tambolaka,lensantt.com -Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Ko...

Valdi Pratama, Bisnis dan Edukasi Pengolahan Kopi Petani

Denpasar. Lensantt.com - Sosok pengusaha muda Valdi Prata...

KRN "Godok" Calon Dirum Bank NTT

Kupang, lensantt.com- Setelah tanpa pajabat defitif akh...

Rancangan Besar Bank NTT Lewat Road Map Masyarakat Ekonomi 

Kupang, lensantt.com - bank NTT tak hentinya berpikir unt...

Berdayakan Pelaku Usaha, Bank NTT Cabang Waikabubak Luncurkan Program LOPO

Waikabubak, lensantt.com- bank NTT kembali membuat inovas...
error: Tidak boleh di Copas